Mengatasi stres dalam hubungan


STRES bukan hanya mampu membunuh suasana hati, melainkan juga menyebabkan ketegangan dalam sebuah hubungan. Sebagai pasangan, Anda harus bekerja sama untuk saling menilai dan meringankan beban berdua.

Setiap orang menunjukkan reaksi yang berbeda dalam menyesuaikan diri terhadap hal-hal yang berada di sekelilingnya. Meski tidak terkait langsung dengan Anda, stres yang dialami pasangan juga dapat berdampak terhadap keharmonisan hubungan. Bagaimana cara mengatasinya?

Mengasingkan diri
Jika masalah yang dihadapi tidak langsung melibatkan Anda atau pasangan, cara terbaik adalah dengan menjaga jarak. Stres bisa menguras energi dan menyebabkan Anda menjadi marah terhadap satu sama lain. Jika tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengatasi situasi tersebut, biarkan saja demikian.

Menerima perbedaan
Tidak ada yang lebih buruk dalam sebuah hubungan daripada berdebat tentang sesuatu yang membuat stres. Setiap orang tentu memiliki opini masing-masing tentang suatu hal. Jika Anda dan pasangan berselisih pendapat tentang sebuah situasi, jangan menjadikan hal itu pertengkaran. Menyulut amarah yang berasal dari stres hanya akan membuat konsekuensi yang timbul bertambah parah. Sebaliknya, belajarlah untuk menerima perbedaan dan saling menghargai pendapat satu sama lain.

Kompak sebagai tim
Biasakan untuk menaklukkan dan memecahkan masalah sebagai sebuah tim. Jika stres yang timbul berhubungan dengan sesuatu yang dapat Anda taklukkan, atasi masalah itu bersama-sama. Kedekatan ini dapat mempererat hubungan dan menumbuhkan keyakinan dalam hubungan. 

Source: Mediaindonesia.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi stres dalam hubungan"

Post a Comment