Telur 'Jaga' perempuan dari kanker

Para peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Harvard mengatakan bahwa telur ayam bisa melindungi perempuan dari kanker payudara.

Dalam penelitian, ditemukan bukti kuat bahwa perempuan berusia di bawah 30 tahun yang secara teratur mengonsumsi telur ayam hanya memiliki risiko relatif kecil terserang kanker payudara di kemudian hari.

"Kami menyerukan kepada para perempuan di dunia agar menyisipkan telur dalam menu harian," kata Lindsay Frazier salah seorang peneliti, seperti dikutip BBC.com.

Penelitian ini melibatkan 121.707 perempuan di seluruh penjuru Amerika yang berusia di atas 35 tahun. Para peneliti mencatat secara detail kebiasaan makan responden ketika masih muda. Hal yang ditanyakan misalnya, berapa banyak mereka mengonsumsi telur, susu, buah-buahan, sayuran, daging, dan permen setiap hari.

Dari wawancara ini terlihat, perempuan yang ketika berusia 12 hingga 18 tahun banyak makan telur, lemak nabati, dan serat ternyata lebih kecil risiko terkena kanker payudara.
Sebaliknya, anak gadis yang kerap makan mentega, lebih besar risikonya menderita kanker payudara. Para ahli menduga, kandungan asam amino, vitamin, dan mineral yang tinggi dalam telur melindungi  perempuan dari penyakit ganas itu.

Meski demikian, para peneliti ini menyatakan, penelitian ini masih dalam tahap awal. Karenanya, masih diperlukan penelitian lanjutan guna mengumpulkan bukti-bukti lebih banyak lagi mengenai khasiat telur untuk mencegah kanker payudara.

http://id.berita.yahoo.com/ups-telur-jaga-perempuan-dari-kanker-080500108.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Telur 'Jaga' perempuan dari kanker"

Post a Comment