Tips.. Atasi Homesick

Sebelum kuliah, tentunya kamu sudah mempersiapkan banyak hal dengan matang. Mulai dari kelas yang harus kamu hadiri, alat tulis, serta uang untuk membayar kuliah. Meski sudah merencanakan dengan matang, ada satu hal yang tidak bisa dipersiapkan, yaitu kangen rumah (homesick).  



Homesick biasanya dialami mahasiswa yang harus ngekos atau tinggal di asrama. Hal ini timbul karena perubahan gaya hidup dan kehilangan hal yang ‘berbau rumah’ seperti makan bersama keluarga, tempat yang tenang untuk tidur, privasi, dan tanggung jawab yang lebih sedikit. Lantas, bagaimana cara mengatasi homesick? Berikut tipsnya seperti dikutip dari US News, Kamis (29/9/2011). 

1. Keluar dari kamarmu.
Kamar merupakan tempat paling potensial untuk menyuburkan homesick. Di kamar, kamu bisa terhubung dengan orang-orang yang kamu tinggalkan, seperti melakukan Skype atau menelepon teman, keluarga, dan kekasih. Memang kamu tidak dilarang untuk melakukan hal ini. Namun jika rutin kamu lakukan, terhubung dengan ‘rumah’ akan menjadi kebiasaan yang tidak sehat dan membuat kamu makin kangen. Jika rasa kangen melanda dirimu, ke luar dari kamar dan kunjungi tempat untuk minum atau membaca di lingkungan kampus. Kerjakan makalah atau belajarlah di alun-alun kampus. Tantang dirimu untuk keluar dari kamar dan bergaul dengan lingkungan sekitar. 

2. Beri waktu sehari untuk sedih dan kemudian, lanjutkan hidup!
Cari waktu sehari hanya untuk bersedih. Hal ini berguna agar kamu bisa terlena dalam rasa sedih dan rindu rumah. Setelah seharian kangen rumah, bagaimana pun, kamu harus berubah. Ke luar dari kamar! Kunjungi acara kampus, rencanakan belajar bareng teman kuliah, bergabunglah dengan kegiatan kemahasiswaan, dan pastikan kamu fokus dengan semua hal menyenangkan yang ditawarkan kampus. 

3. Ubah kampus menjadi rumah kedua.
Kampus memang tidak akan pernah menggantikan tempat tinggalmu asalmu. Tapi kampus dapat menjadi sebuah ‘rumah yang jauh’. Pikirkan hal yang kamu sukai sebelum kuliah dan bekreasilah dengan orang-orang yang ada di kampus. Apakah kamu ingin punya teman-teman yang hebat? Buat target agar kamu bisa menemukan 10 teman baru setiap minggu. Apakah kamu senang terlibat dalam kegiatan masyarakat? Kamu bisa menjadi sukarelawan atau bekerja paruh waktu untuk kampus. Apakah kamu senang dengan kegiatan sosial? Cari tahu kegiatan kemahasiswaan yang sesuai dengan minatmu dan terlibatlah dalam kegiatan mereka. 

4. Kamu harus sadar tidak ada kata terlambat untuk bersosialisasi.
Jika kamu sudah melewatkan banyak kegiatan kampus, hal ini tidak masalah. Satu hal yang harus ketahui, kuliah sangat berbeda dengan masa sekolah. Saat kuliah, orang bisa keluar masuk kegiatan mahasiswa, setiap saat. Kunjungi pusat UKM atau WKM dan lihat daftar yang ada. Kamu bisa memilih bergabung dengan radio kampus, senat, kegiatan jurnalistik, pecinta alam, atau kegiatan keagamaan. Yang paling penting, tidak pernah ada kata terlambat untuk bergaul! 

5. Kamu tidak sendiri!
Mungkin kamu merasa sebagai satu-satunya orang yang berjuang untuk mengatasi homesick. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Lakukan inisiatif untuk terhubung dengan orang lain. Ajak orang-orang yang senasib dengan kamu untuk menggelar acara “jauh dari rumah” pada malam hari. Pastikan mereka membawa selimut dan makanan ringan. Untuk menghabiskan malam, kamu bisa menonton DVD. Akan lebih baik jika kamu mengajak beberapa teman dan sukarelawan untuk anak jalanan atau tunawisma. Mengajak mereka akan membuat kamu memahami betapa berartinya keluarga dan betapa beruntungnya kamu bisa kuliah.

okezone.com
Share this post :

Poskan Komentar

Test Sidebar

HOMESTAY KOTA BATU
Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Serba-Serbi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger