Pertajam 'penciuman' dengan cara ini

Saat sedang flu berat, Anda pasti juga merasa kesal karena tidak bisa mencium bau makanan. Bahkan, bernafas pun menjadi susah. Ada begitu banyak kerugian yang bisa Anda alami jika daya penciuman mengalami penurunan. Karenanya, berusahalah untuk mencegah dan melatih indera yang satu ini, antara lain dengan melakukan tiga hal berikut.

1. Hindari terlalu sering flu
Kerap menderita penyakit ini dapat menurunkan daya penciuman Anda, bahkan bisa menghilangkannya. "Jika sel reseptor di dalam hidung Anda sudah rusak akibat virus flu, bisa jadi kerusakan yang sifatnya permanen," kata R.I. Henkin, MD,  dari Taste and Smell Clinic, Washington, DC. Karenanya, lebih baik mencegah daripada menyesal kemudian.

2. Jauhi aroma yang tajam
Paparan bau yang terlalu tajam terutama yang berasal dari obat nyamuk semprot, pembersih lantai, hingga pemutih pakaian, dapat berpengaruh pada daya penciuman. Jadi, tidak cuma bakteri dan nyamuk saja yang mati, begitu juga dengan kemampuan mencium bau. Lebih baik, pilih jenis pembersih yang sifatnya lebih alami atau setidaknya tidak dengan aroma terlalu menyengat.

3. Belajar membedakan aroma
Yang satu ini bisa Anda lakukan bersama teman-teman agar lebih menyenangkan. Cobalah makan bersama ke restoran favorit, pesan menu baru yang ada di sana, lalu baui makanan itu sambil berlomba untuk menyebutkan bahan-bahan makanan yang digunakan. Atau Anda juga bisa ikut kegiatan seperti wine tester, sekalian untuk melatih hidung mencium aroma wine yang beraneka ragam. 

kompas.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pertajam 'penciuman' dengan cara ini"

Post a Comment