Selandia Baru di guncang Gempa

Dampak Gempa di Seladia Baru
Gempa yang mengguncang Selandia Baru sepanjang satu menit dilaporkan menyebabkan sejumlah gangguang termasuk perjalanan kereta yang sementara dihentikan serta merusak bangunan parlemen di Wellington.
Gempa dengan kekuatan 6,5 magnitude itu berpusat pada 57km lepas pantai arah selatan ibu kota setempat dengan kedalam 6,3 mil, lapor Pusat Survey Geologi AS.
Namun meski terdapat sejumlah kerusakan struktural bangunan serta aliran listrik dipadamkan, pejebata terkait mengatakan tak ada ancaman tsunami di negeri dekat Australia itu.
Gempa terjadi pukul 17:09 waktu setempat sore (selisih lima jam lebih awal dari WIB) dan dilaporkan terasa hingga sebelah utara Auckland.
Gempa menghancurkan kaca jendela, merontokkan barang-barang yang dipajang di rak toko serta membuat pipa air meledak, meski laporan tentang munculnya korban manusia yang serius belum muncul.
Warga Wellington James Barwell mengatakan gempa kali ini memutus aliran listrik di pinggir kota dan membuat operasi di bandara setempat di tutup sementara.
"Terdapat beberapa kerusakan bangunan, pecahan kaca dimana-man, Waktu kejadian banyak yang panik dan suara teriakan, warga ketakutan ini kasus gempa mirip (yang sebelumnya) di Christchurch."
Gempa berkekuatan 6,3 dekat Christchurch bulan Februari 2011 mengakibatkan 
Klik
kerusakan sangat parah dan menewaskan 185 orang.

Upaya 
Klikrehabilitasinya sampai kini belum benar-benar rampung.
Sementara goncangan hari Minggu (21/07) ini sebenarnya sudah lebih dudlu dirasakan dalam beberapa hari terakhir di bagian dataran rendah Pulau Utara, Selandia Baru.
Posisi negeri kecil itu yang tepat berada di tengah jalur Cincin Api (Ring of Fire), menyebabkan daerah itu menjadi tempat terjadinya berbagai getaran gempa serta ledakan gunung api yang secara virtual mengelilingi lingkaran Pasifik.
Dalam setahun warga Selandia baru mengalami sekitar 14.000 kali gempa tetapi hanya sekitar 20 kali diantaranya yang punya magnitude diatas 5,0.

Sumber: BBC

Subscribe to receive free email updates: