Cemilan Sehat Ibu Hamil

Cemilan sehat ibu hamil merupakan asupan penting untuk memelihara kesehatan ibu dan juga janin yang dikandungnya namun, cemilan ini juga harus tetap enak dan lezat untuk kondisi ibu hamil. Ibu hamil memang sering berubah kondisi tubuhnya, apalagi pada saat awal kehamilan. Pada beberapa wanita sering terjadi “morning sickness”, keadaan ini menyebabkan ibu hamil mual dan kerap kali muntah. Pada masa seperti ini ibu hamil jadi tidak nafsu makan, malahan hanya mengkonsumsi bahana makanan tertentu seperti buah-buahan yang asam. Padahal saat awal kehamilan merupakan bagian terpenting saat pertumbuhan janin, sehingga dibutuhkan nutrisi yang memadai untuk ibu hamil.

Cemilan Sehat Ibu Hamil Dengan Buah-buahan

Cemilan sehat ibu hamil dengan buah-buahan memang pilihan tepat karena buah memang makanan sehat dengan nutrisi lengkap yang tidak hanya menyegarkan namun juga menyehatkan bagi ibu dan baik untuk perkembangan janin. Berbagai macam buah sehat dapat dengan mudah kita temui di pasaran namun, layak untuk dijadikan cemilan sehat ibu hamil seperti di bawah ini :
  • Buah mangga – Ibu yang sedang hamil muda sering mengkonsumsi jenis buah ini untuk mengurangi mual. Rasanya yang segar sangat disukai selain itu, buah ini baik untuk pencernaan ibu hamil yang terkadang sulit buang air besar karena kandungan vitamin Cnya yang cukup tinggi.
  • Alpukat – Alpukat Ini kaya akan asam folat. Wanita hamil membutuhkan banyak asupan asam folat selama kehamilan, karena berpengaruh baik terhadapperkembangan otak janin.
  • Anggur – Anggur dianggap tidak aman dikonsumsi saat kehamilan, padahal anggapan tersebut belum tentu benar. Kandungan buah anggur dapat membantu menstabilkan metabolisme saat kehamilan. Kandungannya yang lain seperti folat, kalium, fosfor, magnesium, dan natrium juga baik dikonsumsi selama masa kehamilan.
  • Pisang – Mengonsumsi jenis buah pisang mampu mengurangi potensi anemia pada ibu hamil. Cukup mengonsumsi dua buah pisang untuk merasakan khasiat buah pisang tersebut dan juga kandungan asam folatnya tinggi dibutuhkan oleh janin.

Cemilan Sehat Ibu Hamil Selain Buah-buahan

Mengkonsumsi buah-buahan setiap hari terkadang timbul rasa bosan, apalagi pada ibu hamil yang setiap harinya membutuhkan asupan buah. Cemilan sehat ibu hamil tidak hanya berupa buah-buahan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Kue berbahan tepung beras
  • Kacang-kacangan atau biji bungan matahari sebanyak 1 ons sehari
  • Popcorn yang rendah lemak
  • 6 buah biskuit gandum dengan kombinasi 1 ons keju perhari
  • Kripik dari Ikan Laut.
  • es krim rendah lemak sebanyak 100 kalori sehari
  • Kopi rendah lemak (Kopi Kecipir)
  • Yoghurt dari bahan buah-buahan.
Mengkonsumsi cemilan sehat bagi ibu hamil memang dianjurkan namun, mengkonsumsi cemilan yang berlebihan akan menyebabkan resiko obesitas, tekanan darah tinggi yang sangat beresiko saat kehamilan. Saat hamil dianjurkan untuk tetap menjalani pola hidup sehat agar kehamilan sampai persalinan kesehatan ibu dan juga janin senantiasa terjaga. Cemilan sehat ini sangat penting untuk membantu perkembangan janin agar tumbuh sempurna dan sehat.

Subscribe to receive free email updates: